Adakah Cara Tercepat Untuk Mencapai Kebebasan Finansial?

Saya yakin hampir semua orang di dunia ini mendambakan kebebasan finansial, kebebasan untuk bisa memilih pekerjaan yang ingin kita kerjakan tanpa harus memikirkan berapa yang bisa dihasilkan dari pekerjaan tersebut untuk bisa bertahan hidup. Pertanyaanya bagaimana caranya agar kita bisa meraih kebebasan finansial itu sesegera mungkin?

Credit: freepik.com/diller

Hampir 90% orang yang saya temui lebih suka memilih jalur lambat daripada jalur cepat untuk meraih kebebasan finansial. Ibaratnya seseorang yang ingin bepergian ke Jakarta dari Bogor, memilih berputar dulu ke Cirebon, Klaten, Solo, baru menuju Jakarta. Bisa bayangkan berapa banyak waktu yang dibuang?

Begitulah peta finansial yang dibuat kebanyakan orang. Mereka tahu mereka ingin meraih kebebasan finansial tapi mereka tidak sadar saat ini berada dimana dan apa yang harus dilakukan untuk bisa meraih kebebasan finansial tersebut. Alhasil, hingga tua mereka terus banting tulang mencari uang dan tidak kunjung meraih kebebasan finansial.

Untuk membuat peta yang jelas, hal utama yang kita butuhkan adalah clarity (kejelasan). Bisakah kamu menjawab pertanyaan – pertanyaan ini:

  • Dimanakah kamu saat ini? (Berapa penghasilan dan pengeluaranmu setiap bulan?)
  • Kemanakah tujuanmu? (Berapa angka kebebasan finansial yang ingin kamu capai? Berapa target pendapatan setiap bulan yang harus kamu capai?)
  • Apakah kamu memiliki rute tercepat untuk bisa sampai di tujuan ini? (Sudahkah kamu menggunakan kemampuan dan pengetahuanmu untuk menghasilkan active income yang lebih besar?)
  • Kendaraan apa yang akan kamu pakai untuk mencapai tujuanmu? (Pekerjaan apa yang bisa kamu lakukan sehubungan dengan skill yang kamu miliki? Bagaimana kamu mengelola penghasilan yang kamu dapatkan?)

Mari kita ilustrasikan dengan sebuah contoh. Jono saat ini berusia 22 tahun, dia baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan marketing. Untuk mengumpulkan 5 Milyar dalam 25 tahun sebagai angka kebebasan finansialnya, dia harus menyisihkan 3 Juta setiap bulan untuk diinvestasikan.

Jika ia ingin meraih kebebasan finansial lebih cepat, maka Jono sadar dia harus menyisihkan lebih banyak lagi setiap bulannya. Oleh sebab itu, Jono memutuskan untuk melakukan pekerjaan sampingan sebagai penulis. Sepulang bekerja ia mengambil freelance job untuk menulis artikel dan membangun blog sendiri untuk memperlihatkan kemampuan menulisnya.

Credit: freepik.com/rawpixel.com

Rute tercepat kita untuk bisa mengejar kebebasan finansial adalah dengan melihat ke dalam diri sendiri bukan keluar mencari trend baru yang sedang ada. Bayangkan jika Jono malah ikut – ikutan belajar trading saham karena ‘sedang trend’ padahal dia tidak memiliki pengetahuan trading sebelumnya, bahkan tidak suka dengan hal tersebut. Bukankah itu artinya Jono memilih untuk berputar – putar dulu untuk mencapai tujuannya?

Talenta, bakat, dan kecintaan apa yang kita miliki untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih?

  • Kalau kamu pintar dan suka memasak, mungkin kamu bisa berbagi resep melalui video Youtube sambil membuka catering rumahan.
  • Kalau kamu pintar dan suka make up, mungkin kamu bisa membuat tutorial make up sambil menjadi make up artist.
  • Kalau kamu pintar dan suka bermain gitar, mungkin kamu bisa membuka kelas gitar online sambil memberikan informasi pembelian gitar yang bagus.

Bekerjalah within your circle of competence bukan ikut – ikutan trend, tapi justru memanfaatkan trend yang ada untuk mengasah high income skillsmu. High income skills inilah yang akan menjadi rute tercepat untuk mencapai kebebasan finansial kita. Jadi, skills apa yang ingin kalian asah untuk bisa menghasilkan lebih?

With Love,

Yuki Kharisma / @kharismayuki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *